Para Jedi Yang Harus Hadir Di Trilogi Baru Star Wars

0
232

Tidak terasa kalau tahun 2019 mendatang adalah tahun terakhir untuk trilogi sekuel dari Star Wars. Setelah Colin Trevorrow (Jurassic World) meninggalkan proyek ini pada tahun 2017, J.J. Abrams kembali menduduki kursi sutradara. Kegagalan Solo dalam meraih pendapatan box office yang diinginkan pada tahun ini, membuat Disney lesu untuk merilis film spin-off Star Wars. Namun, sebuah respon dari sutradara The Last Jedi, Rian Johnson, tampak memberikan harapan baru bagi film Star Wars selain cerita utama. Ketika seorang fans bertanya Agustus lalu via Twitter, mengenai apakah ia masih membuat trilogi Star Wars baru yang ditugaskan Disney padanya, Johnson langsung menjawab “iya.” Sebelumnya telah diketahui kalau Disney menugaskan Rian Johnson untuk membuat trilogi baru Star Wars, ketika ia masih sibuk menangani The Last Jedi.

Star Wars memiliki banyak cerita yang masih harus diceritakan di galaksi nun jauh sana. Meski beberapa telah mendapatkannya melalui serial animasi, komik, novel, dan tentu saja film spin-off. Nah, melalui beberapa media tersebut telah tercipta sebuah cinematic universe tersendiri di dalam franchise Star Wars. Bisa saja para karakter tersebut akan muncul di trilogi baru Star Wars yang akan datang, terutama para Jedi, mengingat mereka masih tersebar di galaksi dan kita belum tahu setting yang akan diambil. Di dalam artikel ini Geeks akan diperkenalkan oleh beberapa Jedi yang seharusnya tampil di trilogi terbaru Star Wars. Beberapa karakter ini ada yang muncul di komik, serial televisi, video game, atau sebagai peran pendukung yang muncul beberapa menit di film layar lebar.


Kanan Jarrus


Kanan Jarrus adalah salah satu karakter Star Wars yang dikenal penggemar lewat penampilannya sebagai pemimpin regu pemberontak, Spectres, di dalam serial animasi Star Wars Rebels. Ia terlahir dengan nama Caleb Dume pada masa Galactic Republic, yang direkrut semenjak kecil untuk menjadi seorang Jedi. Dalam masa pelatihannya ia pernah bertemu dengan Yoda, Mace Windu, Obi-Wan Kenobi, dan murid seangkatannya, Ahsoka Tano. Ia diangkat sebagai Padawan oleh Depa Billaba, dan selalu menemani gurunya dalam misi yang ditugaskan oleh Grand Army of the Republic.

Ketika Palpatine memerintahkan untuk membunuh semua Jedi dengan Order 66, Dume dan Bilaba diserang oleh para Clone Troopers yang sebelumnya berjuang bersama. Berkat pengorbanan gurunya, Dume dapat selamat dari eksekusi para Clone Troopers. Dalam pelariannya ia bertemu dengan seorang bandit Kalleran bernama Janus Kasmir. Tak mempunyai pilihan untuk bertahan hidup, ia bergabung dengan Kasmir. Dume terpaksa harus menyembunyikan kekuatan Force miliknya, lightsaber dan semua ajaran Jedi yang di dapatnya untuk menghindari kejaran Empire sebagai seorang pilot, pemburu bayaran, dan seorang ranger. Ia juga mengganti namanya menjadi Kanan Jarrus, untuk menyembunyikan identitas lamanya.

Loading...

Sebagai seorang Jedi, Kanan Jarrus memiliki kemampuan dalam mengendalikan lightsaber, terutama dalam gaya Form III yang di dapatnya dari gurunya Depa Billaba. Selain Form III Jarrus juga memiliki kemampuan di dalam Form V, hal ini dapat dilihat dari kemampuannya menangkis tembakan laser. Kekuatan Force yang dimilikinya juga membuatnya mampu melakukan telekinesis seperti mendorong, mengangkat, dan menahan objek. Selain itu ia juga adalah seorang pilot yang handal, ahli menembak, dan kemampuan bela diri dengan tangan kosong.


Depa Bilaba


Depa Bilaba adalah guru dari Padawan Caleb Dume, atau lebih dikenal sebagai Kanan Jarrus. Ia terlahir di Planet Chalacta dan mempunyai saudari bernama Sar Labooda. Ia diculik oleh sekelompok bajak laut luar angkasa, yang membunuh kedua orangtuanya. Beruntung ia diselamatkan oleh Mace Windu yang mengajaknya bergabung dan melatihnya di dalam Jedi Order. Ia terkenal dengan kemampuan lightsaber Form III yang ia ajarkan kepada Jedi lain. Ia lantas diberikan posisi di dalam Jedi High Council dan hadir ketika Qui-Gon Jinn memperkenalkan Anakin Skywalker, serta dalam pemakaman sang Jedi Master tersebut ketika Darth Maul membunuhnya.

Di dalam Clone Wars, Bilaba dan pasukannya menghadapi General Grievous dan pasukan cyborg-nya di Haruun Kal. Namun, ia dan pasukannya mengalami kekalahan, dan memaksa sang Jedi Master jatuh ke dalam koma. Setelah pulih, ia tertarik dengan sifat suka bertanya Caleb Dume, yang saat itu dalam masa pelatihan. Setelah pengeboman yang terjadi di Jedi Temple oleh Kapten Rackham Sear, Bilaba memutuskan untuk mengangkat Dume menjadi Padawannya. Sang murid dan guru terlibat ke dalam beberapa misi di dalam Clone Wars, sebelum akhirnya ia tewas di tangan rekan seperjuangannya dikarenakan Order 66.

Billaba terkenal oleh Jedi lainnya dengan kemampuannya di dalam pertarungan lightsaber. Kemampuannya ini tercatat di dalam dokumen Jedi Temple, yang diakses oleh Empire setelah tumbangnya Jedi Order. Ia terkenal dengan gaya Form III miliknya, yang ia gunakan dalam mengajar Jedi lain, terutama muridnya Caleb Dume. Selain Form III yang menjadi favoritnya, ia menguasai gaya lain seperti Form VII.


Bultar Swan


Bultar Swan adalah seorang Jedi Knight pada masa akhir Galactic Republic. Ia adalah salah satu anggota dari tim yang dibentuk oleh Mace Windu, untuk menyerang Planet Geonosis di dalam Attack of the Clones. Swan dan timnya menyusupi Petranaki Arena untuk menyelamatkan Obi-Wan Kenobi, Anakin Skywalker, dan Padme Amidala. Ia dan timnya dikepung oleh pasukan droid, sebelum akhirnya Master Yoda datang bersama pasukan clone untuk menyelamatkan mereka.

Seperti Jedi pada umumnya, Bultar Swan memiliki kemampuan force yang dapat digunakan dalam melawan musuh dan melakukan koneksi dengan galaksi dan seisinya. Kemampuannya di dalam pertarungan lightsaber menjadikannya salah satu Jedi Knight yang bertahan hidup di dalam pertarungan di Petranaki.


Kyp Durron


Kyp Durron adalah figur terkenal di dalam sejarah galaksi, hal ini dikarenakan ia adalah seorang Jedi Master di dalam New Jedi Order pimpinan Luke Skywalker. Ia juga adalah orang yang bertanggung jawab dalam menyebabkan banyak kematian dalam aksi anti-Imperialnya. Ia terlahir di Planet Deyer dan mempunyai seorang kakak lelaki bernama Zeth. Keaktifan orangtuanya dalam mengkritik kebijakan  Palpatine berakhir dengan ditahannya seluruh anggota keluarganya dan dikuasainya Deyer oleh Empire. Sementara kakaknya dibawa untuk menjadi Storm Troopers, Kyp dan orangtuanya dipaksa untuk bekerja sebagai penggali di Planet Kessel. Sayang orangtuanya meninggal dalam pemberontakan yang terjadi di planet tersebut.

Tujuh tahun kemudian, Kyp bertemu dengan dua orang tokoh ikonik yang mengubah nasibnya selamanya: Han Solo dan Chewbacca. Mereka membawa Kyp kepada Luke Skywalker untuk melatih kekuatan Force yang dimilikinya. Nasib keluarganya yang tragis meninggalkan luka dan kebencian yang dalam kepada Empire. Oleh karena kebenciannya inilah ia dikuasai oleh roh Dark Lord Sith, Exar Kun, yang membuatnya mencuri senjata super Sun Crusher. Tragis dalam aksi balas dendamnya tersebut ia secara tidak sengaja membunuh kakaknya Zeth. Setelah pengaruh roh Kun di dalam dirinya dihilangkan, barulah Kyp memulai perjalanan panjangnya untuk menghapus dosanya dengan menjadi murid terbaik dari Luke Skywalker. Ia juga adalah Jedi Master pertama di dalam New Jedi Order yang didirikan oleh Luke.

Kyp adalah salah satu Jedi terkuat sepanjang sejarah Jedi Order, dan hal ini diakui oleh Luke sendiri, meskipun ia adalah anak dari sang “Terpilih,” Anakin Skywalker. Dalam seminggu pada masa pelatihannya saja, Kyp sudah melampaui murid-murid lainnya. Kekuatan force yang ia miliki mampu membuatnya bertahan hidup dari bahaya, terutama ketika ia bekerja di dalam tambang Kessel. Kekuatan force telekinesisnya mampu membuat sebuah kapal barang yang rusak untuk digunakan sebagai alat lempar.


Revan


Revan adalah karakter yang muncul di dalam video game Star Wars: The Old Republic beserta sekuel dan beberapa spin-off. Ia dilatih sebagai Jedi pada masa awal hidupnya oleh Jedi Master Kreia. Sebagai Padawan yang haus akan ilmu, ia juga berlatih kepada Jedi Master lainnya sehingga menjadi murid paling menjanjikan di dalam Jedi Order. Ia mengkiritik Jedi Order karena tidak terjun ke dalam Perang antara Galactic Republic dengan Mandalorian Neo-Crusaders. Alasan inilah yang menyebabkannya keluar dari Jedi Order dan memulai gerakan Revanchist untuk melawan ancaman Mandalorian. Selama peperangan ia terpaksa melakukan tindakan yang condong kepada Dark Side. Kekalahan Mandalorian membuat ia dan rekannya Alek, kini dikenal sebagai Malak, sebagai pahlawan. Sayang keduanya menghilang untuk menginvestigasi pengaruh Sith di dalam peperangan.

Bersama dengan Malak ia menemukan sebuah Sith Empire yang tersembunyi. Sayangnya otak mereka dicuci oleh sang Sith Emperor, Vitiate, sehingga menjadikan mereka sebagai salah satu anggota Sith. Setelah melakukan beberapa tugas untuk sang kaisar Dark Side, Revan dan Malak berhasil melepaskan diri dari cengkraman Vitiate. Ia dan kawannya tersebut berusaha menyatukan galaksi untuk menghancurkan Emperor dan Sith Empire. Revan kemudian menyatakan perang terhadap Jedi dan Republic yang menyebabkan dengan dimulainya Jedi Civil War.

Sifatnya yang haus akan ilmu membuat Revan menjadi seorang Jedi yang tangguh. Ia adalah prajurit yang mematikan di dalam medan tempur, mengingat ia mampu bertarung dengan lightsaber dengan menggunakan banyak gaya. Menjadi Jedi dan Sith membuat Revan mampu memahami dua kekuatan force. Ia juga dikenal dalam kemampuannya sebagai ahli militer dan siasat yang jitu dalam membawa kemenangan Republic dari Mandalorian.


Shaak Ti


Shaak Ti adalah seorang wanita Togruta dari Planet Shili yang menjadi Jedi Master di Galactic Republic. Sama seperti kebanyakan Jedi pada masanya, ia ditemukan di planet asalnya sebelum akhirnya dibawa dan dilatih ke dalam Jedi Temple di Coruscant. Setelah diangkat menjadi Jedi Knight, Ti kembali ke planet asalnya untuk mengikuti ritus tradisional Togrutan. Dalam ritusnya, Ti berhasil melacak dan membunuh seekor Akul, kemudian mengambil giginya untuk dirubah menjadi hiasan kepala ikoniknya. Dalam perjalanannya, Ti telah melatih dua Padawan. Tragisnya, kedua Padawan Ti mati karena dibunuh. Pada akhirnya, meski metode pengajaran muridnya dipertanyakan, Ti diakui sebagai Jedi Knight dengan kemampuan tinggi, ia pun dinobatkan sebagai Jedi Master.

Shaak Ti adalah wanita Togruta yang rendah hati dan terkenal dengan kekuatannya dalam mengendalikan force. Ia lebih suka melakukan negosiasi dalam meredamkan konflik, meski begitu ia ahli dalam pertarungan lightsaber apabila kondisinya membutuhkan. Salah satu kemampuan Ti yang menjadikannya unik adalah kemampuan untuk menghubungkan diri dengan alam, lebih dalam dari Jedi lain semasanya. Ia juga memiliki kekuatan force telekinesis dan kemampuan untuk mengeluarkan force kilat.


Exar Kun


Seorang Jedi Knight yang pada akhirnya terjatuh ke dalam Dark Side, dan menjadi Dark Lord dari Sith. Ia menyatakan perang dengan Galactic Republic dan Jedi Order yang nantinya akan disebut sebagai Great Sith War. Ia ditemukan oleh Jedi Order semasa muda dan dilatih oleh Jedi Master dari ras Kreevaki, Vodo-Siosk Baas. Ia memiliki kemampuan force dan lightsaber yang handal, bahkan sebelum dilantik menjadi Jedi Knight. Rasa ingin tahunya terhadap Sith mendorongnya untuk meneliti ordo ini lebih dalam lagi. Ia digiring oleh force ghost sang Lord Sith, Freedon Nadd, ke tempat asal Sith di Korriban. Rupanya, Nadd sengaja menggiring Kun ke sana untuk melukai sang Jedi Knight. Karena tidak ada bantuan yang akan datang untuk menyembuhkan tubuhnya yang rusak, Kun pada akhirnya memilih untuk mengikuti Dark Side. Dalam sekejap tubuh rusaknya sembuh dan ia pun menjadi seorang Sith Lord.

Exar Kun adalah murid Vodo-Siosk Baas terhebat. Kekuatannya dalam mengendalikan force baru berkembang setelah ia menerima Dark Side. Ia memang kehilangan koneksi kepada Light Side force, namun dengan kemampuan barunya ia dapat mengeluarkan banyak sihir Dark Side yang mematikan. Ia juga memiliki mental force yang kuat untuk mempengaruhi seluruh anggota Galactic Senate dan pikiran sang Supreme Chancellor. Memiliki kekuatan force Dark Side yang kuat tidak membuat keahlian Kun dalam lightsaber kandas. Kemampuannya dalam lightsaber terbukti dengan kemampuannya yang mampu mengalahkan gurunya, Vodo-Siosk Baas.

Subscribe to our mailing list

* indicates required
*Untuk pengguna Gmail, cek PROMOTION INBOX untuk update terbaru dari Greenscene.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here