5 Musuh Superman Yang Layak Diangkat Ke Layar Lebar

0
435

Siapa sih yang tidak mengenal Clark Kent a.k.a Superman? Geeks pasti sudah tidak asing lagi dengan Superman. Karakter superhero yang berasal dari planet Krypton ini beberapa waktu lalu hadir dalam film Justice League bersama superhero DC lainnya untuk bersatu mengalahkan Steppenwolf. Selain Steppenwolf, Superman mempunyai beberapa musuh berbahaya dengan kekuatan yang tidak kalah dahsyatnya. Sayangnya, para karakter villain berbahaya ini belum pernah dimunculkan dalam bentuk live-action untuk berhadapan melawan Superman. Nah, berikut adalah beberapa karakter villain yang bisa ‘merepotkan’ Superman. Siapa saja villain tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini Geeks!


Vril Dox/Brainiac


Villain yang memiliki nama asli Vril Dox ini adalah ras alien berasal dari planet Colu, lebih dikenal dengan nama Brainiac. Ia diciptakan oleh Otto Binder dan Al Plastino, Brainiac muncul pertama kali di halaman Action Comics #242. Nama Brainiac merupakan kombinasi dari kata “brain” dan “maniac”, yang berarti jenius. Brainiac adalah karakter yang sangat cerdas, dengan intelek mencapai tingkat 12. Brainiac memiliki kemampuan technopathy yang mampu mengirim pikirannya ke dalam sistem komputer, kemampuan telepati dan telekinetik tersebut juga mampu menandingi kekuatan Superman, bahkan Brainiac mempunyai senjata yang disebut dengan Brainiac Spears yang bisa menghancurkan Bumi.

Pada penampilan pertamanya dalam Silver Age, Brainiac adalah seorang humanoid yang datang ke Bumi untuk memulai aksinya dengan mengecilkan kota Paris, Roma dan New York, lalu menyimpannya di dalam sebuah botol dan ia ditemani oleh “space monkey” bernama Koko. Superman menemukan bahwa Brainiac telah mengecilkan kota Kryptonian di Kandor, untuk mengembalikan kota-kota tersebut ke ukuran normal, orang-orang yang berada di Kandor mengorbankan restorasi mereka untuk membantu Superman. Kemudian Superman menyimpan botol itu bersama kota-nya di Fortress of Solitude.

Loading...

John Corben – Metallo


Super kuat, tahan terhadap rasa sakit dan mampu menembakkan sinar Kryptonite yang berasal dari dadanya, tidak mengherankan jika Metallo terbukti telah menjadi salah satu ancaman terbesar untuk Superman, bukan?  Metallo diciptakan oleh Robert Bernstein dan Al Plastino, yang pertama kali muncul dalam Action Comics #252 pada tahun 1959.

Dikisahkan, John Corben adalah seorang penipu profesional, ia mengalami kecelakaan mobil yang terluka sangat parah. Corben yang sekarat ditemukan oleh Profesor Emmet Vale, spesialis cybernetics dan Vale membawa Corben yang tidak berdaya ke lab-nya bertujuan untuk memindahkan otaknya ke tubuh cyborg, ditambah dengan batu Kryptonite yang sangat mematikan bagi Superman.

John Corben a.k.a Metallo, adalah intelijen cyborg radioaktif yang bergantung pada Green Kryptonite sebagai sumber energinya, sehingga membuatnya menjadi salah satu musuh berbahaya Superman. Radiasi mematikan ini bisa membunuh Man of Steel melalui eksposur saja, meskipun perangkat tambahan cybernetic membuatnya sangat kuat secara fisik. Awalnya John merupakan eks-tentara yang digunakan dalam eksperimen oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, yang akhirnya memberinya kemampuan untuk memproyeksikan pikirannya ke dalam perangkat teknologi apapun. Kekuasaannya juga mencakup kemampuan untuk mengubah mesin di tubuhnya.


El-Kal – Bizarro


Bagaimana jadinya jika Superman mempunyai kembaran? Namun, semua yang dilakukannya “berlawanan” dari apa yang biasa dilakukan oleh Superman asli, bahkan yang dikatakan olehnya memiliki arti yang terbalik seperti (“Saya akan membunuh Anda” berarti “Saya akan menyelamatkan Anda” dalam pidatonya).

Bizarro yang asli dari kontinuitas pra-Krisis adalah hasil karya Profesor Dalton yang mendemonstrasikan sinar duplikatnya kepada Superboy saat Superman masih remaja. Sinar duplikat tersebut menciptakan duplikat Superboy yang tidak sempurna, penampilan dan tingkahnya yang tidak menentu membuat orang takut, terutama karena ia tidak tahu kekuatannya sendiri. Kata pertama yang ia ucapkan adalah Bizarro, yang kini menjadi namanya, Bizarro Memiliki fisik dengan bentuk tubuh yang tidak beraturan, kulitnya seperti kapur, terkadang seperti batu dan pucat. Kostum yang digunakan Bizarro asli identik dengan Superman, ia kemudian mengubah inisial “S” menjadi terbalik, sehingga menjadikan dirinya lebih tidak sempurna. Bizarro memiliki semua kekuatan Kriptonian yang berbanding terbalik, freeze vision dan fire breath. Ia rentan terhadap Blue Kryptonite dan Green Kryptonite dapat menambah kekuatannya.

Bizarro memakai medali yang mengatakan “Bizarro # 1”, untuk membedakan dirinya dari Bizarro lainnya di Htrae (tempat tinggal Bizarro, kebalikan dari “Earth”). Kemudian setelah Superboy menjadi Superman, musuh utama Superman adalah Lex Luthor, Luthor mencoba menciptakan dan menyempurnakan mesin duplikat yang diciptakan oleh para ilmuwan bertahun-tahun, sebelumnya juga mencoba untuk menciptakan Superman dan berharap memiliki Man of Steel sendiri.


Uxas – Darkseid


Diciptakan oleh Jack Kirby pada tahun 1970, dalam debut pertamanya dalam komik Superman’s Pal Jimmy Olsen #133. Darkseid lahir dengan nama Uxas, ia disembah sebagai “God of Evil” sehingga membuatnya menjadi salah satu makhluk paling kuat yang ada sekaligus raja tertinggi dari planet Apokolips. Dianggap sebagai salah satu musuh terburuk Justice League, musuh terbesar New Genesis dan salah satu ancaman terbesar bagi DC Multiverse, Darkseid berusaha untuk menaklukan segalanya dan setiap orang sesuai kehendaknya.

New God Darkseid adalah salah satu makhluk paling kuat di DC Multiverse dan telah menaklukan seluruh alam semesta melalui kekuatan yang tak tertandingi. Kemampuan telepati, teleportasi, kecerdasan licik dan kekuatan militer dari keseluruhan wilayah Apokolips yang memujanya sebagai God of Evil. Darkseid adalah tuan yang brutal dan tanpa ampun yang bisa membuat hati kuat dan paling murni bisa takluk ditangannya. Dicatat sebagai salah satu makhluk yang paling ditakuti di seluruh alam semesta, ia tidak akan berhenti untuk mencapai tujuannya yang terobsesi mendapatkan Anti-Life Equation yang berada di dalam alam bawah sadar manusia. Anti-Life Equation ini akan digunakannya untuk menguasai alam semesta.


Rudy Jones – Parasite


Rudy Jones adalah pekerja STAR Labs di Pittsburght, tidak diketahui oleh siapa pun di tempat kejadian, Darkseid mengingat bahwa Parasite telah ada sebelum Crisis On Infinity Earths (Maxwell Jensen) dan peristiwa yang dimanipulasi itu mengubah Jones menjadi versi baru. Di bawah pengaruh Darkseid, Jones membuka sebuah wadah (yang diyakini isinya bisa dicuri) namun, ia menemukan sebuah batu aneh yang ditemukan oleh Action Ace (Superman) sendiri sejak lama. Rudy kemudian diliputi oleh radiasi intens yang membuatnya menjadi humanoid botak berkulit hijau yaitu Parasite 1.0.

Kekuatan utama Parasite adalah penyerapan energi, namun ia juga telah meningkatkan kekuatan dan ketangkasannya. Ia bisa menyerap kekuatan kehidupan siapa saja dan bisa menyerap hampir semua jenis energi. Selain itu juga ia mampu menyerap DNA korbannya sehingga bisa mengambil alih kekuatan seorang metahuman. Karena tubuhnya sendiri dalam keadaan konstan akan kelaparan dan energi yang tidak dapat dipertahankan dengan sendirinya.

_

Geeks, itulah beberapa karakter musuh Superman dan kekuatan yang membuatnya menjadi ancaman berbahaya bagi Kal-El maupun di seluruh alam semesta DC. Tentunya mereka bisa menjadi musuh yang layak hadir dalam film solo Superman maupun DC Universe masa depan. Gimana menurut kalian, apakah Superman mampu melawan para karakter villain tersebut? Semoga kita bisa segera melihat aksi mereka dalam film live-action. Jika memiliki request, ulasan atau pun saran, kalian bisa mengisi kolom komentar di bawah ini ya.

Subscribe to our mailing list

* indicates required
*Untuk pengguna Gmail, cek PROMOTION INBOX untuk update terbaru dari Greenscene.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here